facebook/twitter

Rabu, 10 April 2019

Pengertian, Standar Internasional, Dan Contoh Dari Service Management SI/TI

Pengertian Service Management

     Service Management adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatur jalannya kegiatan pelayanan dari perusahaan untuk konsumen agar dapat berjalan dengan optimal dan se-efisien mungkin, sehingga menciptakan rasa puas di dalam diri konsumen atas pelayanan yang diterimanya.

Sedangkan dalam konteks TI (Teknologi Informasi), Service Management dikenal dengan sebutan ITSM (Information Technology Service Management). ITSM adalah kegiatan yang bertujuan untuk merencanakan, mendesain, menjalankan, dan mengendalikan Teknologi Informasi (TI) layanan yang disediakan perusahaan kepada konsumen agar konsumen puas dengan pelayanan yang disediakan perusahaan, sekaligus meningkatkan efektivitas, efesiensi, serta kinerja perusahaan .

ITSM hanya berfokus pada bagian proses, serta tidak terkait dengan kerangka kerja dan metodologi penanganan masalah. ITSM Juga hanya menangani masalah operasional manajemen TI, dan tidak terlibat dalam pengembangan teknologinya sendiri. ITSM sering disamakan dengan ITIL, meskipun berbagai standar dan kerangka kerja menjadi pedoman untuk ITSM.

Salah satu kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM adalah ITIL. ITIL (Information Technology Infrastructure Library) adalah Suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.


STANDAR INTERNASIONAL

Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau biasa disebut sebagai core guidance publications.



·                     Service Strategy
-       Inti dari ITIL Service Lifecycle adalah Service Strategy.
-       Service Strategy memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.
·                     Service Design
-       Agar layanan TI dapat memberikan manfaat kepada pihak bisnis, layanan-layanan TI tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan acuan tujuan bisnis dari pelanggan. Service Design memberikan panduan kepada organisasi TI untuk dapat secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI maupun implementasi ITSM itu sendiri.
·                     Service Transition
-       Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional.
·                     Service Operation
-       Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat berbagai panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya.
·                     Continual Service Improvement
-       Memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas, salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal sebagi Deming Quality Cycle.

Berikut merupakan contoh layanan management sistem informasi yang ada pada ponsel Android :

- M-banking dari BCA




- Aplikasi MyTelkomsel, untuk bisa mengetahui rincian pulsa, kuota, bahkan untuk membeli dengan hanya memilih layanan yang tersedia



- Aplikasi berbasis transportasi, dari GRAB





Dan masih banyak lagi..


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar